Cara Beternak Domba Texel di Indonesia di Kuningan

Fokus utama dalam beternak domba broiler seperti Texel adalah agar dombanya cepat gemuk dan cepat besar. Apakah itu semua tergantung jenis dan pola pakan domba? Faktor-faktor ini, meskipun tidak hanya ditentukan oleh jenis dan pola pakan, namun tetap merupakan faktor yang paling penting.
Ada pula beberapa cara pemeliharaan yang berkaitan dengan perawatan, kandang dan kebersihan, serta kondisi fisik domba. Silakan lihat berikut ini untuk rincian lebih lanjut.
1. Pastikan kandang cocok untuk penggemukan.
Kandang domba broiler, mempunyai beberapa jenis berdasarkan umurnya. Ada kandang komunal untuk beberapa domba sekaligus di dalamnya, ada kandang individu untuk dipelihara. Intinya, memperhatikan kandang bertujuan agar domba tidak stres.
Ternyata stres bisa berakibat fatal bagi pertumbuhan domba. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: kandang yang tidak nyaman, sering dilalui orang, tidak ada sinar matahari, dan terlalu lembab/kering.
2. Pakan domba dengan pola dan komposisi seimbang
Penting untuk mendapatkan pola dan komposisi yang tepat untuk pakan Anda. Semakin besar Texel, semakin besar pula kebutuhan nutrisinya. Nutrisi ini secara umum dibagi menjadi dua kategori: energi dan protein.
Secara umum pakan ada dua jenis yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat. Pakan konsentrat meliputi dedak (dedak merupakan campuran jagung, singkong dan dedak), ampas atau lumpur tahu, bungkil kelapa dan singkong. Pakan hijaunya berupa rumput gajah, daun pisang, dan kaliandra.
Konsentrat pakan dari bahan-bahan di atas tidaklah banyak, hanya sekitar 1-3% dari total bobot domba. Pakan hijau (yang merupakan pakan utama) kira-kira 10-25% dari berat seekor domba.
Tentunya peternak dapat menambahkan pakan lain yang sudah teruji atau berdasarkan pengalaman. Hal yang sama berlaku untuk pakan fermentasi atau buatan. Karena harga domba Texel yang mahal maka pola dan komposisi di atas perlu diperhatikan.
3. Perawatan Tubuh Fisik Domba
Domba texel, tidak seperti kambing, memiliki tubuh berbulu tebal. Peternak juga harus memberikan perawatan fisik kepada dombanya setidaknya sekali atau dua kali sebulan. Beberapa anjuran perawatan antara lain: memandikan domba agar tetap bersih, menjaga kebersihan bulu, memotong kuku domba (umumnya setiap 6 bulan sekali).
Anda bisa melakukan semuanya
Jika Anda merawat tubuh domba Anda, mereka akan merasa lebih nyaman. Mereka akan siap tumbuh menjadi raksasa daging.
4. Pengendalian Kesehatan Domba Texel Secara Reguler
Para petani kemudian perlu memantau status kesehatan Texel. Anda sudah tahu apa yang harus dicari pada domba. Contohnya termasuk anus, mata, hidung, mulut, kaki, kaki, anus dan perilaku.
Pastikan untuk menjaga mulut, hidung dan mata tetap bersih (tidak ada lendir). Keempat kaki domba harus menopang tubuhnya sehingga dapat bergerak bebas. Anda juga harus memeriksa bagian perut untuk memastikan tidak miring. Sedangkan dari anus biasanya untuk mendeteksi jenis penyakit yang menyerang.
Peternak juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengamati tingkah laku dan tingkah laku pada dombanya, baik wajar maupun tidak wajar. Jika ada gejala lain yang tidak biasa, pisahkan dari domba lainnya. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum melakukan pemeriksaan lebih detail.
5. Bila perlu berikan suplemen dan vitamin
Cara beternak domba texel selanjutnya berkaitan dengan to suplemen atau vitamin khusus. Setiap peternak mempunyai cara tersendiri untuk memastikan pertumbuhan yang optimal. Anda dapat menggunakan suplemen yang dibuat oleh produsen, atau suplemen sayuran yang difermentasi.
Domba yang sakit, membutuhkan pengobatan dan perawatan berkelanjutan. Jika Anda membeli domba dari GB Farm, kami akan dengan senang hati memberi Anda petunjuk arah. Pelayanan ini menunjukkan bahwa GB Farm Ngawi peduli dalam setiap pembelian.

Gibas Barokah Farm memiliki harga Domba Texel yang paling murah

Akhir kata jika anda tertarik meminang domba tipe Texel, golongan darah lengkap (100% murni asli dengan sertifikat peternakan Australia/Afrika). Atau jenis persilangan hasil persilangan dengan domba super broiler, GB Farm jawabannya.
GB Farm menawarkan berbagai layanan modern. Mulailah dengan jenis domba: Dorper, Awassi Garut, Merino Suffolk dan Texel. Serta jenis kambing (Boer, Anglo Nubian, Alps, Saanen, Pygmy, hingga kambing kurban). Juga berbagai macam peralatan untuk menunjang peternakan dan hasil olahannya.
Berikut beberapa jenis dan harga domba Texel berdasarkan kondisi masing-masing.
1. Domba Texel
GB Farm menjual domba betina Texel mulai harga 1,5 juta. Harga tersebut merupakan yang termurah di pasaran Indonesia. Oleh karena itu, tempat ini ideal bagi peternakan yang ingin beternak atau membudidayakan domba broiler kelas dunia dari Belanda.
Ada dua usia yang berbeda, 6-7 dan 8-10. Texel betina ini merupakan hasil persilangan domba daging super yang terjamin kualitasnya. Informasi lebih lanjut mengenai domba ini dapat Anda lihat di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).
2. Domba Texel Betina Hamil
Pilihan selanjutnya adalah Texel yang hamil (dengan domba), atau Texel yang hamil (dengan Domba Dorper darah penuh). Texel Hamil mulai 3.000.000. Mulai dari 5 juta untuk Dorper fullblood pertama yang hamil anak domba.
Kriteria yang diperlukan untuk domba Texel bunting adalah: berat badan antara 40 dan 50 kg, dua kali vaksinasi FMD, 1-3 kali laktasi, 100% sehat. Jaminan kehamilan dengan cek USG, informasi lengkap mengenai paket ini bisa langsung dicek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).
3. Domba Texel Persilangan
Domba texel adalah jenis yang langka. Untuk ketersediaan stok dapat menghubungi gibabarokah.com. Harga domba texel persilangan dewasa antara 3 sampai 5 jutaan. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan blasteran di sini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).
4. Domba Texel Fullblood Asli
Fullblood 100% asli merupakan produk domba Texel terbaik. Domba texel masih dibandrol dengan harga sekitar 50 juta rupiah, baik untuk jantan maupun betina. Semua keunggulan genetik bawaan Texel berada di dalam tubuh domba. Impor langsung dari peternakan di Afrika, oleh karena itu Anda perlu memesan terlebih dahulu.
Kami menawarkan konsultasi gratis untuk mendiskusikan kebutuhan pertanian Anda. Pelayanan kami dijamin terbaik dan kami akan membantu anda sampai tujuan dengan selamat. Berikut panduan lengkap mengenai Ciri-Ciri, Sejarah dan Perawatan Domba Texel di Indonesia.
#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting